Jenis Miras Oplosan Yang Wajib Kamu Tahu!

0

Beepdo.com, Jakarta – Hingga Kamis (12/4), jumlah korban akibat miras oplosan di Cicalengka, Kabupaten Bandung terus bertambah. Bahkan, di Cicalengka sudah ada 41 orang yang meninggal dari 222 korban, sedangkan sisanya sebanyak 181 masih dirawat.

Dari waktu ke waktu korban minuman keras (miras) oplosan terus berjatuhan, ada yang menjadi buta dan bahkan meninggal dunia. Lalu apa saja jenis oplosan miras yang sering dibuat dan apa bahayanya?

Miras yang sering digunakan biasanya vodka, anggur merah beralkohol, anggur putih beralkohol dan bir. Berikut jenis miras oplosan yang biasa dijual sembarangan:

1. Sunrise

Miras dan minuman berenergi (Yukawanet)

Miras yang dicampur dengan minuman berenergi atau sering disebut Sunrise ini bisa mengurangi rasa pahit pada bir atau rasa menyengat pada alkohol yang kadarnya lebih tinggi. Meski kadar alkohol menjadi sedikit berkurang, efek samping yang lain akan muncul dalam pengoplosan ini. Bahkan, ketika alkohol dan minuman berenergi dicampurkan memiliki efek berlawanan. Alkohol bersifat menenangkan, sedangkan suplemen berfungsi sebagai stimulan. Jika digabungkan, efeknya bisa memicu gagal jantung.

2. Susu Macan (Lapen)

Miras campur susu (Boombastis)

Salah satu jenis oplosan yang sering menyebabkan korban tewas adalah Susu macan (Lapen), yakni campuran minuman keras yang dicampur dengan susu. Jenis minuman ini banyak dijual di warung-warung miras tradisional. Minuman ini bisa menyebabkan risiko keracunan. Meskipun, penyebab keracunan umumnya bukan susu melainkan jenis alkoholnya. Karena umumnya menggunakan alkohol tradisional, maka jenis dan kadarnya tidak diketahui oleh pelanggan.

3. Mansion Cola

Miras dengan cola atau minuman bersoda (YouTube)

Salah satu oplosan yang cukup populer adalah Mansion Cola, terdiri dari Vodka dicampur dengan minuman bersoda. Tujuannya semata-mata untuk memberikan cita rasa atau menutupi rasa tidak enak pada minuman keras. Kedua minuman ini jika dicampur konon bisa menyebabkan mual-mual sampai keracunan. Apalagi kalau kadar alkoholnya cukup tinggi. Bisa memberikan bahaya yang lebih besar lagi. Memang menurut penikmatnya, tidak ada orang mati karena meminum Mansion Cola, tapi bukan berarti minuman ini tak bahaya.

4. Miras dengan spiritus atau jenis miras yang lain

Miras dengan spiritus atau jenis miras yang lain (Viva)

Pengoplosan beberapa jenis minuman keras dilakukan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Minuman yang harganya mahal seperti Vodka dicampur dengan spiritus, atau jenis minuman keras lain yang tidak jelas kandungan alkoholnya. Alkohol sendiri memiliki dua senyawa, yaitu metanol dan etanol. Metanol memiliki rumus molekul CH3OH, sedangkan etanol rumus molekulnya adalah CH3CH2-OH. Metanol lebih sering digunakan untuk bahan bakar seperti spiritus dan digunakan dalam kegiatan industri besar, misalnya cat. Ketika alkohol bercampur dengan bahan lain, akan terjadi pelarutan atau ekstraksi senyawa kimia yang menimbulkan dampak bagi tubuh. Umumnya miras oplosan menggunakan spiritus agar berwarna biru, dan itu sebenarnya adalah metanol yang beracun.

5. Miras dengan obat-obatan

Miras dengan obat-obatan (Cahaya)

Dengan anggapan akan mendongkrak efek alkohol, beberapa orang menambahkan obat-obatan ke dalam minuman keras. Mulai dari obat tetas mata, obat sakit kepala, hingga obat nyamuk. Karena akan meningkatkan aktivitas metabolisme, efek samping paling nyata dari jenis oplosan ini adalah kerusakan hati dan ginjal. Efek lainnya sangat beragam, tergantung jenis obatnya.

Itulah beberapa jenis miras oplosan yang kerap dijumpai di pasaran. Mabes Polri pun sudah memerintahkan jajarannya di daerah untuk melakukan razia minuman keras (miras) oplosan yang menghabisi setidaknya 82 nyawa dalam 1 bulan terakhir.

Komentar
Loading...