8 Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Kamu Coba!

0

Beepdo.com, JakartaKuliner Cirebon sangat unik karena lokasinya yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Perpaduan dua budaya yang berbeda tentu bisa dirasakan lewat kuliner khas Cirebon yang terkenal nikmat.

Kira-kira apa saja makanan khas Cirebon yang tak boleh dilewatkan saat bertandang ke Kota Udang ini? Berikut daftar kuliner khas Cirebon yang lezat dan mengenyangkan:

1. Ayam Guling

Ayam Guling (AyameWongCirebon)

Nama Ayam Guling ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Padahal Ayam Guling ini termasuk salah satu makanan asli Cirebon yang unik dan wajib dicoba. Ayam Guling adalah makanan dengan bahan dasar ayam yang diolah dengan berbagai macam bumbu rempah dan dibaluri saus yang dibuat dengan resep rahasia. Menjadikan rasa Ayam Guling ini sangat spesial.

2. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung (Cookpad)

Rujak yang satu ini memang mirip dengan kuliner khas Lombok, plecing kangkung. Rujak kangkung ternyata cukup populer juga di beberapa daerah sekitar Cirebon seperti Brebes, Tegal dan kota asalnya Kuningan. Rujak kangkung ini menggunakan kangkung yang sudah direbus. Kemudian disiram dengan bumbu rujak yang sudah dicampur dengan terasi khas Cirebon. Warna sambal rujaknya umumnya berwarna merah, berbeda dengan plecing kangkung yang menggunakan sambal kacang.

3. Sate Kalong

Sate Kalong (PintuWisata)

Jangan berpikir bahwa sate kalong ini menggunakan daging kalong ya. Bukan, sate kalong ini menggunakan daging kerbau dan umumnya dijual pada malam hari. Itulah sebabnya sate ini dinamakan dengan sate kalong. Bentuk satenya pun dibuat berbeda dengan potongan daging kerbau yang panjang. Rasanya unik dan berbeda dari sate lainnya. Salah satu rasa khas sate kalong adalah rasanya yang manis. Tenang saja, untuk yang suka pedas, kamu bisa mencocolnya dengan sambal merah yang menggoda.

4. Wajik Komplang

Wajik Komplang (JDlines)

Wajik komplang merupakan jajanan tradisional keraton Cirebon yang masih eksis hingga sekarang. Isinya kismis keju dan kacang almond yang hanya bisa kamu temui setiap malam jumat kliwon saja.

5. Gadungan

Gadungan (Batampos)

Makanan ringan khas Cirebon yang satu ini terbuat dari singkong dan campuran kelapa. Gadungan hingga saat ini masih banyak dicari oleh masyarakat dan bahkan masih dijual secara berkeliling oleh para pedangang di sekitar wilayah Cirebon.

6. Mi Koclok

Mie Koclok (Belanga)

Buat yang suka dengan kuliner mi, wajib cobain Mi Koclok. Mi Koclok memang pas dinikmati saat malam hari sebagai penutup, terutama saat musim hujan. Mi Koclok disajikan dengan irisan telur rebus, ayam yang disuwir, tauge, serta tambahan bawang daun. Kuahnya berwarna putih dan cukup kental. Beberapa warung Mi Koclok baru buka saat sore hari sehingga cukup sulit untuk mendapatkan Mi Koclok saat pagi atau siang hari. Meskipun ada, namun jumlahnya tak terlalu banyak.

7. Nasi Lengko

Nasi Lengko (Belanga)

Selain nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang juga wajib kamu santap adalah nasi lengko. Jika sudah pernah menikmat nasi pecel, pasti akan menganggap nasi lengko ini sebagai nasi pecel khas Cirebon. Nasi lengko dipadukan dengan beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu tempe. Ciri khas nasi lenko disiram dengan kuah bumbu kacang yang jadi favorit para penyuka kuliner pedas. Nasi lengko semakin harum dan nikmat karena ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun kucai.

8. Docang

Docang (PegiPegi)

Docang merupakan makanan khas Cirebon yang juga cukup populer di Bogor, Jawa Barat. Docang hampir mirip-mirip dengan kupat tahu Singaparna, Garut. Isian docang biasanya berupa lontong, tauge, parutan kelapa ditambah dengan daun singkong dan taburan kerupuk. Salah satu ciri khas docang adalah siraman kuah panas, sambal docang dan tempe bungkil atau oncomnya.

Nah, penasaran seperti apa rasanya, kuliner Cirebon ini? Dijamin memberikan rasa gurih dari kuah, rasa segar dari rempah dan tentu saja rasa pedas yang menantang dari sambalnya. Efeknya bisa bikin meler-meler hilang setelah menikmati semua makanan dari kota Udang ini.

Anda mungkin juga berminat