Planetarium dan Observatorium Jakarta Tutup Selama Libur Lebaran, Ini Alasannya!

0

Beepdo.com, JakartaPlanetarium dan Observatorium di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta merupakan salah satu wahana rekreasi yang ramai dikunjungi pengunjung. Apalagi ketika musim liburan tiba. Sayang, pada momen Ramadan dan liburan Idul Fitri tahun ini para pengunjung tidak bisa mengunjungi Planetarium Jakarta.

Alasannya karena wisata edukasi ini menutup layanannya hingga libur Lebaran usai. Penutupan dilakukan mulai dari tanggal 25 Mei hingga 20 Juni 2018. Penutupan ini dilakukan terkait dengan kegiatan Fumingasi di Gedung Planetarium dan Observatorium Jakarta. Hal ini bertujuan agar pengunjung terhindar dari paparan bahan kimia, sebagaimana yang dikutip dari laman resmi Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Planetarium (Twitter)

Kepala Satuan Pelaksana Teknik Pertunjukan dan Publikasi Planetarium, Eko Wahyu Wibowo, menjelaskan fumingasi adalah salah satu proses pembersihan dan pengendalian hama, yang akan dilakukan di gedung-gedung Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Proses ini merupakan yang pertama kali dilakukan semenjak Planetarium dibuka. Namun ke depannya direkomendasikan menjadi kegiatan pembersihan rutin tiga tahun sekali.

“Berdasarkan rekomendasi dari pihak pelaksana untuk menghindari terpaparnya bahan kimia, area harus steril dari kegiatan. Saat ini kantor kami pun pindah ke gedung Teater Jakarta,” ujarnya seperti ditulis Rabu (30/5).

Perihal penentuan waktu yang bertabrakan dengan libur lebaran, Eko mengatakan pihak Planetarium mengikuti kesepakatan dari penyelenggara fumingasi. “Masalah waktu kita hanya mngikuti dari rekomendasi pihak pelaksana, karena mereka melakukan kegiatan sesuai SPK atau Surat Perintah Kerja,” pungkas Eko.

Nah, bagi kalian yang liburan ke Jakarta masih bisa kok berkunjung ke sana. Pertunjukan Teater Bintang dan Pameran Astronomi akan dibuka kembali mulai dari tanggal 21 Juni 2018.

Planetarium (Rind)

Planetarium tertua ini menyajikan peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit lainnya. Di sini, kalian juga dapat menikmati dan berimajinasi dengan aneka peragaan tentang jagat raya yang disuguhkan. Sekaligus dapat memahami konsep mengenai tata surya melalui acara yang diselenggarakan.

Anda mungkin juga berminat