3 Resep Makanan Dari Dunia Anime Ini Nampol Banget, Pas Untuk Buka Puasa!

0

Beepdo.com, Jakarta – Kalau bicara tentang anime memang banyak sekali yang bisa dibahas. Salah satunya yang menarik perhatian adalah makanan yang dimakan para karakter. Meskipun hanya berupa animasi 2 dimensi, namun ketika terlihat di layar memang sangat menggugah selera.

Makanan-makanan ini ternyata diolah dari bahan-bahan yang halal. Kamu pun bisa membuatnya di rumah dan bisa untuk menu berbuka puasa sore nanti:

1. Beef Borscht dari anime Yuru Camp

Beef Borscht (taste)

Bahan:

6-8 cangkir kaldu daging sapi atau ayam
2-3 bit ukuran sedang, kupas, cincang dan direbus
3 wortel ukuran sedang, cincang
1 kentang ukuran sedang, cincang
1 bawang Bombay ukuran sedang, potong-potong seperti dadu
2 batang seledri ukuran sedang, potong-potong
2 cangkir kol/kubis, iris-iris
3-4 kentang ukuran sedang, dibagi dua
2 sdm. Mentega
2 sdm. Cuka (dirasakan)
2-3 buah bullion/magi
Dill (bumbu pelengkap)
Susu asam

Cara membuatnya :

1. Sediakan kaldu daging sapi/ayam. Rebus bit terpisah, sesudah dingin dikupas dan dicincang. Bawang Bombay dipanasi dengan mentega hingga coklat warnanya. Tambahkan wortel yang sudah dicincang, kentang dan seledri, kemudian ditumis dan diaduk perlahan-lahan selama 3-5 menit.

2. Didihkan kaldu daging sapi/ayam, tambahkan dill /semacam bumbu tadi, bullion/maggi, cuka dan aduklah tumisan tersebut. Didihkan selama 30 menit.

3. Satu jam sebelum dihidangkan, tambahkan irisan kol dan kubis dan didihkan. Setengah jam sebelum dihidangkan, tambahkan potongan kentang danbit, kemudian didihkan.

4. Hidangkan dengan menyediakan susu asam, dill, brown bread dan mentega

2. Homemade Meat Gyoza dari anime Amaama to Inazuma

Homemade Meat Gyoza (Itadakimasu)

Bahan:

1 pack kulit gyoza /pangsit siap pakai
300 gr daging sapi
2 sdm tepung maizena
1 sdt baking powder
1/2 bagian sawi putih / chinese cabbage
1 sdm minyak wijen untuk adonan isi
1 sdm saus tiram
3 sdm kecap asin
1/2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm cabe bubuk
4 siung bawang putih
1 cm Jahe
2 sdm minyak goreng + 1 sdm minyak wijen
Air matang secukupnya

Cara membuat :

1. Rebus air hingga mendidih, kemudian matikan kompor masukan/celupkan sawi putih ke dalah air panas satu persatu hingga layu angkat dan tiriskan, kemudian cincang kasar.

2. Parut sampai halus bawang putih dan jahe

3. Masukan daging sapi cincang kedalam wadah, tambahkan tepung maizena, baking powder, sawi putih yang sudah di cincang kasar, bawang putih dan jahe yang sudah diparut, aduk hingga adonan isian tercampur rata.

4. Tambahkan garam, merica, kecap asin, minyak wijen, saus tiram, cabe bubuk aduk kembali adonan hingga semua tercampur rata.

5. Ambil satu lembar kulit gyoza, tambahkan satu sendok teh penuh adonan di tengahnya kemudian lipat/tekuk dan satukan kedua sisinya sehingga menjadi setengah lingkaran. Tekan-tekan sisi sambungan agar adonan isi tidak keluar. Lipat bagian tepi adonan dimulai dari bagian tengah gyoza ke kanan, balik gyoza dan lipat lagi sisanya. Atau bisa dilipat bagian tepi adonannya dari ujung kanan sampai ujung kiri. Jangan terlalu kuat menekan bagian kulit yang terkena adonan karena adonan yang basah membuat kulit mudah sekali sobek.

6. Atau jika masih sulit untuk melipat seperti di atas bisa lipat sesuai bentuk pastel aja hehe..

7. Masak gyoza menggunakan metode pan fried. siapkan wajan anti lengket / teplon panaskan minyak goreng dan minyak wijen kemudian susun gyoza di dalamnya masak 1-2menit sampai kulit bagian bawah gyoza kecoklatan. Kemudian tuang air sampai gyoza setengah terendam, tutup wajan, masak dengan api kecil sampai air menyusut dan kulit gyozanya terlihat transparan.

8. Setelah matang susun gyoza di piring saji, lengkapi dengan saus cocolannya bisa dengan kecap asin atau saus cabe.

3. Buri Daikon dari anime Kofuku Grafitti

Buri Daikon (Itadakimasu)

Bahan:

200 gram ikan buri (filet)
300 gram lobak atau daikon
15 gram jahe
1 sendok makan gula
2 sendok makan kecap Jepang atau soyu

Cara membuat:

1. Kupas lobak dan potong-potong bulat dengan ketebalan 2 cm. Lalu dipotong lagi menjadi setengah lingkaran. Iris tipis jahe beserta kulitnya.

2. Siapkan panci yang berisi cukup air untuk merendam seluruh potongan lobak besar. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan potongan lobak, lalu direbus dengan api kecil selama 15 menit sampai lobaknya empuk. Gunakan garpu atau tusuk sate untuk memeriksa keempukan lobak. Jika sudah empuk, angkat dan tiriskan lobaknya.

3. Potong ikan dengan bentuk persegi ukuran 4 kali 5 cm. Siapkan cawan besar berisi air dingin. Didihkan kembali air bekas rebusan lobak dengan api besar, lalu rebus dua hingga tiga potong ikan selama 10 detik hingga setengah matang atau berwarna keputihan. Masukkan potongan ikan ke dalam air dingin di cawan besar sambil digosok dengan jari untuk membersihkannya. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses ini dengan potongan ikan lainnya.

4. Panaskan 300 mililiter air di panci, tambahkan satu sendok makan gula dan dua sendok makan soyu. Setelah mendidih, masukkan potongan lobak besar, jahe dan ikannya. Tempatkan tutup panci kecil atau piring yang dibalik di atas bahan-bahan yang tengah direbus. Tutupnya tersebut harus muat dan longgar di dalam panci. Rebus dengan api sedang selama 15 menit.

5. Saat kuahnya sudah berkurang, angkat tutupnya dan gunakan sendok sayur untuk menyiram semua bahan agar memastikan kuahnya meresap ke semua bahan. Cicip kuahnya dan matikan api jika kuahnya dirasa sudah cukup kental dan enak. Makanan ini sekarang siap disajikan.

Bagaimana bund, cukup mudah bukan cara membuat makanan dari anime ini? Selama mencoba ya!

Anda mungkin juga berminat