WNI Dilarang Masuk Israel, Ini Alasanya!

0

Beepdo.com, JakartaIsrael telah menerbitkan aturan yang melarang seluruh turis berpaspor Indonesia masuk wilayah itu. Keputusan tersebut diduga kuat diambil sebagai aksi balasan pemerintah Indonesia yang melarang warga negara Israel masuk Indonesia.

Dalam sebuah pesan yang beredar luas, turis Indonesia yang telah dijadwalkan masuk Israel pada 9 Juni 2018 akan diperlakukan seperti biasanya dan diperkenankan masuk. Namun untuk turis Indonesia yang ingin masuk setelah tanggal tersebut, akan ditolak. Aturan ini berlaku bagi perorangan mau pun kelompok.

Status Yerusalem tetap menjadi isu penting dalam konflik Israel Palestina yang sedang berlangsung. (Time)

Di Isarel ada beberapa tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi. Antara lain, Tembok Ratapan West Wall, di tembok ini kaum Yahudi banyak yang menghadap ke tembok kemudian berdoa. Kemudian, Gereja St. Anna yang merupakan gereja peninggalan masa perang salib. Gereja St. Anna kini lebih banyak digunakan untuk wisata religi bagi orang-orang beragama kristen.

Kementerian Luar Negeri RI sudah mengetahui kebijakan yang telah diterbitkan Israel tersebut dan meminta masyarakat Indonesia memakluminya. Sebab setiap negara memiliki kebijakan terkait pemberian fasilitas visa, yakni memberikan atau tidak memberikan.

Peta Israel (ClearlAS)

“Semua itu (negara) punya kebijakan untuk menentukan langkah-langkah pemberian visa,” kata Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, di Jakarta, Kamis (31/5).

Sebelumnya, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menyayangkan tindakan Israel tersebut. Menurutnya Israel tidak seharusnya melarang warga negara Indonesia untuk masuk ke negara itu, khususnya ke Yerusalem, sebuah kota suci tiga agama, Yahudi, Kristen, dan Islam. Larangan ini pun telah menjadi keprihatinan semua umat beragama.

Smoke risSmoke rises following an Israeli air strike in the Gaza Strip, as seen from the Israeli side of the border between Israel and Gazaes following an Israeli air strike in the Gaza Strip, as seen from the Israeli side of the border between Israel and Gaza, May 29, 2018. REUTERS/Amir Cohen

Dilansir dari The Middle East Monitor, Rabu (30/5/2018), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahshon mengatakan, kebijakan ini dibuat negaranya agar membuat Indonesia membatalkan keputusan penundaan visa bagi orang Israel.