Tips Jitu Mudik Bebas Lelah

0

Beepdo.com, Jakarta – Meski menggunakan kendaraan, melakukan perjalanan jauh tentu tetap membutuhkan tenaga yang tidak sedikit, terlebih dalam kondisi berpuasa. Oleh karena itu, Anda perlu membaca tips di bawah ini sebelum melakukan perjalanan mudik saat berpuasa agar tubuh tetap terasa bugar dan tidak cepat lelah.

Ayo simak tips selengkapnya!

1. Pilih perjalanan berdurasi pendek

Mudik (KataData)

Dengan memotong durasi perjalanan, Anda terhindar dari rasa lelah yang berlebihan selama perjalanan mudik. Salah satu alternatifnya, Anda bisa menggunakan pesawat terbang untuk mudik ke kota tujuan. Sebaiknya, belilah tiket lebih awal agar tidak kehabisan.

2. Lakukan perjalanan di malam hari

Mudik di malam hari (Okezone)

Melakukan perjalanan mudik saat malam hari bisa menjadi cara paling tepat jika Anda memilih mudik menggunakan sarana transportasi darat seperti mobil pribadi atau bus. Ingat, perjalanan mudik bukanlah alternatif ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa, apalagi jika Anda harus mengendarai kendaraan. Jadi, sebaiknya hindarilah perjalanan siang hari yang bisa menguras tenaga saat puasa. Keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan saat melakukan perjalanan malam hari adalah bisa bebas menyantap hidangan saat merasa haus atau lapar. Hal yang tentunya tidak bisa Anda lakukan saat mudik siang hari di bulan puasa. Minum atau mengonsumsi makanan ringan juga dapat membuat Anda terhindar dari serangan kantuk di perjalanan mudik.

3. Bawa makanan dan minuman

Mudik (Wikipedia)

Selain dapat mencegah serangan kantuk saat mengemudi, makanan dan minuman juga dapat mencegah Anda terkena serangan penyakit ringan seperti maag dan masuk angin. Pilihlah makanan yang padat dan mudah dicerna seperti buah-buahan atau roti. Jenis makanan ini akan membuat perut tetap terisi dan terhindar ancaman penyakit. Selain itu, asupan vitamin melalui buah akan membuat tubuh terasa lebih bugar sehingga Anda bisa tetap sehat sampai ke kota tujuan. Untuk urusan minuman, sebaiknya Anda mengonsumsi air mineral yang cukup untuk mengatasi dehidrasi. Hindari minuman-minuman yang bersoda karena dapat membuat perut terasa lebih kembung. Jika memang perlu, Anda boleh mengonsumsi kopi ataupun minuman berenergi secukupnya.

4. Sediakan hiburan

Mudik (Okezone))

Perjalanan mudik yang memakan waktu yang lama akan membuat Anda cepat merasa bosan. Nah, agar tidak cepat merasa bosan siapkanlah hiburan yang bisa mengisi waktu senggang saat perjalanan mudik. Buku bisa menjadi teman terbaik untuk sumber hiburan, tapi jika Anda ingin memanfaatkan teknologi, hiburan berupa streaming film atau musik bisa menjadi alternatif yang sangat menarik. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang terisi paket datanya agar hiburan via streaming dapat berjalan lancar selama mudik.

5. Patuhi lalu-lintas!

Tidak berhenti pada perlintasan antara kereta api dan jalan ketika sinyal sudah berbunyi adalah pelanggaran (EdoRusyanto)

Walaupun kita ingin cepat sampai tujuan, tetaplah patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Baik bagi kita yang memakai kendaraan roda dua, pakailan helm dengan standard yang tinggi, janganlah menerobos lampu lalu lintas satau sembarangan salip kendaraan lain, hal ini tidak baik untuk keselamatan kita. Biasakan menjadi warga yang taat lalu lintas agar tidak merugikan keselamatan kita dan keluarga kita.

Itulah beberapa tips melakukan perjalanan mudik saat berpuasa yang bisa Anda lakukan. Pulang mudik tanpa mengganggu kewajiban berpuasa dapat tetap Anda lakukan dengan memperhatikan tips dan trik di atas.

Anda mungkin juga berminat