Sayur Jantung Pisang Khas Manado, Resep Anti Selingkuh Saat Sahur

0

Beepdo.com, JakartaJantung Pisang, selain rasanya yang enak, juga mengandung serat yang cukup tinggi serta vitamin B1 dan C yang sangat berguna bagi tubuh kita. Jantung pisang juga dapat mencegah beberapa penyakit seperti mencegah stroke dan lainnya.

Nah, kali ini kami akan bagikan resep sayur jantung pisang khas Manado, yang dijamin sekeluarga gak bakal noleh ke makanan lain. Langsung aja simak proses pembuatannya di bawah ini dengan baik. ya!.

Sayur Jantung Pisang khas Manado(Deskgram)

Bahan-Bahan:

1 buah jantung pisang batu/kapok (lebih kurang 400 gram)
1 sdt cuka
500 ml air panas
2 batang daun bawang, potong potong
300 gram ikan cakalang fufu asap, suwir kasar
1 ½ sdt garam
1 ikat kecil kemangi, ambil daunnya
2 sdm minyak goring
1 sdt gula pasir
Daun pisang batu, untuk membungkus

Bumbu:

10 butir bawang merah
6 cabai merah keriting

Cara membuat:

1. Pertama kupas dahulu jantung pisang hingga ke bagian dalam yang paling muda. lalu iris tipis melintang untuk kemudian rendam menggunakan cuka dan air hangat.

2. Biarkan selama 10 menit, cuci sampai bersih dan sisihkan.

3. Selanjutnya aduk jantung pisang, daun bawang, ikan cakalang, kemangi, daun bawang, gula pasir, garam, minyak serta bumbu yang ditumbuk. Aduk semua sampai merata

4. Kemudian bungkus adonan ikan menggunakan daun pisang, sematkan dengan lidi.

5. Kukus dalam dandang panas, selama lebih kurang 30 menit hingga matang. Angkat, biarkan uapnya hilang, panggang diatas bara hingga harum dan daunnya agak kering. Angkat dan sajikan

Sayur Jantung Pisang (cookpad)

Menarik bukan resep membuat sayur jantung pisang khas Manado ini? Anda harus segera mencobanya di rumah. Hidangan ini juga pas lho dikonsumsi saat sahur nanti.

Anda mungkin juga berminat