Komnas Perempuan Sebut Via Vallen Menjadi Korban Pelecehan Seksual

0

Beepdo.com – Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kasus Via Vallen, yang telah menjadi korban tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh pesepakbola dari liga nomor satu di Indonesia.

Kasus ini mencuat setelah Via memposting jepretan pesan singkat di akun instagram pribadinya. “I want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes,” bunyi pesan yang diterima penyanyi asal Surabaya tersebut.

Via Vallen
Pesan yang diterima Via Vallen pada akun instagramnya. (instagram/viavallen)

“Sebagai penyanyi, saya dipermalukan oleh pemain bola terkenal di negara saya sekarang. Saya bukan perempuan seperti itu!!” balas Via dalam bahasa inggris.

Menanggapi kasus ini, Indriyati Suparno selaku anggota Komisioener Komisi Nasional Perempuan membenarkan jika apa yang dialami pelantun lagu Sayang itu adalah tindak pelecehan seksual berbasis siber.

“Ya, itu termasuk sexual harrasment (pelecehan seksual).” Ujar Indriyati (5/6), yang membenarkan bahwa Via telah menjadi korban pelecehan seksual.

“Dalam hal ini yang menimpa Via Vallen kalau dilihat bentuknya dia adalah sexual harrasment yang tertulis. Dilihat dari medianya, termasuk cyber sexual harrasment karena terjadi di dunia maya melalui media sosial,” sambungnya.

don't judge Me! you know my name but not my story ?

A post shared by Via Vallen (@viavallen) on

Namun sayangnya, saat ini tindak pelecehan seperti yang dialami Via Vallen belum bisa dipidanakan. “Kalau mengacu ke ranah hukumnya itu sekarang ini (pelecehan seksual non fisik/siber) belum bisa ditindak karena belum ada di dalam konstitusi tindak pidana di Indonesia,” tutur Indriyati.

Anda mungkin juga berminat