Keistimewaan Candi Borobudur yang Bikin Dunia Terpesona

0

Nama Candi Borobudur mungkin tidak asing di telinga kita. Warga Indonesia mengenalnya sebagai salah satu keajaiban dunia, namun sayang banyak dari mereka yang tidak mengetahui keistimewaan bangunan agama Budha ini.

Faktanya, ada banyak hal yang membuat dunia sepakat menjadikannya sebagai salah satu keajaiban dunia. Tak hanya nilai sejarah, namun bangunan ini juga memiliki banyak fakta ajaib yang bakal membuat siapapun tercengang. (SuratKabar.ID)

Arsitektur Mengagumkan

Candi Borobudur memiliki luas 123×123 m2 dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Tidak heran jika bangunan ini dianggap salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. (telusuriIndonesia.com)

Usia Ratusan Tahun

Borobudur adalah peninggalan sejarah yang sangat berharga. Candi ini dibangun sekitar 800 Masehi oleh para penganut agama Budha Mahayana. Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an Masehi. Borobudur juga merupakan stupa tertua dan terbesar di dunia. (KisahAsalUsul.com)

Kekuatan Bangunan

Letusan gunung berapi diperkirakan terjadi pada tahun 1006 sehingga mengubur gunung ini jauh hingga ke bawah tanah. Namun setelah ratusan tahun terlupakan, candi ini kemudian ditemukan pada tahun 1814 dalam kondisi yang masih mengagumkan. (boombastis.com)

Puzzle Raksasa

Berbeda dengan bangunan zaman sekarang, Borobudur dibangun dengan bahan baku batu-batu besar yang disatukan layaknya puzzle raksasa. Sekitar 2 juta balok batu vulkanik yang dipahat disususn sedemikian sehingga saling mengunci (interlock). (pedomanwisata.com)

NULL

Anda mungkin juga berminat