Cafe Code: Soal Aturan Penggunaan Senjata Tajam dan Senjata Api di Area Publik, Ini Ulasannya

Beepdo.com – Meskipun senjata api dan senjata tajam dilarang digunakan sembarangan oleh warga, namun banyak oknum yang dengan mudah menggunakan sejata tajam dan senjata api di tengah-tengah aktivitas masyarakat. Tentu hal itu sangat membahayakan orang lain. Seperti apa aturannya dalam Cafe Code dibahas.

Praktisi hukum yang juga seorang Pengacara bernama Jaeneuddin, S.H menuturkan bahwa Undang-Undang (UU) Darurat No 12 Tahun 1951 pada Pasal 1 menyebutkan bahwa tidak diperkenankan untuk membawa, menyimpan, senjata api tanpa izin.

Praktisi Hukum Jaeneuddin (Kiri) Soal Aturan Senjata Tajam dan Senjata Api (Beepdo.com)

Sebab siapapun individu yang memiliki senjata api, diharuskan memiliki izin resmi dan surat resmi. “Kalau memang sudah berizin tentu bisa saja,”ujar Jaeneuddin.

Justru yang berbahaya ketika individu itu tidak memiliki izin namun malah membawa senjata api setiap beraktivitas keluar rumah. “Harus ada izin dari instansi terkait,”tambah Jaeneuddin.

Cafe Code: Pemilik Senjata Api Harus Berizin Resmi (Beepdo.com)

Yang bahaya justru soal penerapan aturan senjata tajam. Belum ada UU yang mengatur soal izin senjata tajam. “Pada dasarnya tidak boleh membawa senjata tajam dan senjata api untuk membela diri,”ceplos Jaeneuddin.

Memang beberapa orang ada yang membawa senjata tajam saat menjalani kegiatan budaya. Namun sebaiknya tidak digunakan untuk membela diri apalagi mengancam keselamatan orang lain. “Membawa senjata tajam untuk membela diri itu salah,”pungkas Jaeneuddin dalam Cafe Code.

 

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...