Video: Terkait Foto Warkop DKI, Begini Keterangan Amazon Dalimunthe dan Pengacara

0

Beepdo.com – Amazon Dalimunthe hari ini diperiksa Polisi terkait laporannya kepada Falcon Pictures dalam kasus dugaan pelanggaran hak cipta, dalam hal ini foto Warkop DKI karya Amazon yang muncul dalam film Warkop DKI Reborn 3, diduga tanpa izin Amazon.

Ditemui usai diperiksa di Polda Metro Jaya, Senin (11/11) Amazon mengatakan bahwa foto Warkop DKI ia ambil di sebuah hotel di Jakarta. Foto tersebut sampai sekarang masih ada tersimpan rapi dalam bentuk klise. “Saya mengambil foto itu tahun 1993,”kenang Amazon.

Amazon Dalimunthe (Tengah) Memotret Personel Warkop DKI Tahun 1993

Amazon yang ditanya 28 pertanyaan penyidik, menjawab soal proses pengambilan foto Warkop DKI tersebut. “Polisi bertanya apa saya pernah publikasikan foto itu, soal somasi yang saya kirim kepada pihak Falcon juga ditanya,”seru Amazon.

Sebelum melaporkan kasus ini ke pihak berwajib, Amazaon memang sudah berkonsultasi dengan pihak Falcon yang diwakilkan oleh Ody Hidayat. Sayangnya pertemuan tersebut menemui jalan buntu. “Tidak ada hasil memuaskan, mereka mau menang sendiri,” papar Amazon.

Amazon Dalimunthe (Kanan) Sempat Komunikasi dengan Pihak Falcon Pictures (Beepdo.com)

Pihak Falcon sempat mau memberikan uang ganti rugi kepada Amazon sebesar 2,5 juta rupiah. Tapi Amazon menolak angka tersebut. “Saya mengatakan kepada Falcon, sebuah foto bernilai 2,5 juta jika meminjam dan disetujui oleh pemilik foto, kondisi ini berbeda, mereka mengambil tanpa izin,”ucapnya.

Menurut kuasa hukum Amazon, Pitra Ramadoni, kliennya merasa dirugikan dengan masalah dengan Falcon Pictures. “Kami pakai undang-undang hak cipta nomor 112 dan 115, ada ancaman pidana kurungan dan ganti rugi materiil,” kata Pitra.

Beepdo.com sempat menghubungi Lidya Wongso, kuasa hukum Falcon Pictures melalui aplikasi WhatsApp pada Senin (11/11). Kami konfirmasi terkait foto Warkop DKI dengan pelaporan Amazon Dalimunthe. “Mas, sepanjang sy blm liat data sy tidak bisa bicara apapun,”tulis Lidya.

 

Anda mungkin juga berminat